Olah Raga dan Cara Pembentukan Tubuh untuk Pemula


Cara Pembentukan Tubuh-Mempunyai bentuk tubuh yang indah dan sehat pasti menjadi impian setiap orang. cara membentuk tubuh salah satunya yaitu dengan fitnes dan juga olah raga. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa cara pembentukan tubuh untuk pemula. Untuk Anda yang baru saja akan mulai membentuk tubuh agar lebih indah harus dilakukan dengan bertahap jangan asal-asalan. Tindakan pembentukan tubuh yang asal-asalan akan membuat tubuh cidera bukan malah memperindah tubuh.


Tips Pembentukan Tubuh Untuk Pemula
Untuk Anda pemula yang akan membentuk tubuh agar lebih indah perlu memperhatikan beberapa tips pembentukan tubuh untuk pemula berikut ini.
  1. Chek kesehatan
Untuk pemula yang akan membentuk tubuhnya hal pertama yang harus dilakukan adalah chek kesehatan. Chek-up kesehatan ini wajib untuk dilakukan karena akan menjadi pedoman selama latihan pembentukan tubuh. Latihan yang dilakukan sesuai dengan keadaan tubuh akan membantu mempercepat pembentukan dan tidak mencederai tubuh bagian dalam.
  1. Pilih Gym yang tepat
Latihan pembentukan tubuh untuk pemula tentunya membutuhkan pembimbing, oleh karena itu Anda harus memilih gym yang tepat. Tempat fitness yang tepat akan membuat Anda merasa nyaman dalam berlatih. Pilih tempat yang menyediakan alat fitness lengkap dan juga instruktur yang sudah berpengalaman. Selain itu faktor jarak dan biaya juga harus dipertimbangkan.
  1. Jaga pola makan
Agar latihan pembentukan tubuh Anda berhasil dengan baik Anda juga harus memperhatikan pola makan sehari-hari. Perbanyak makan makanan berprotein tinggi dan perbanyak asupan kalori. Semakin keras Anda berlatih, maka tubuh semakin banyak membutuhkan asupan protein. Jika diperlukan Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan, seperti multivitamin, dan protein dalam bentuk suplemen lainnya.
  1. Istirahat yang cukup
Tips pembentukan tubuh untuk pemula yang sangat penting adalah istirahat yang cukup. Pada awal latihan mungkin Anda akan merasa kelelahan dan kecapekan, Biarkan tubuh untuk beristirahat yang cukup. Sebenarnya pembentukan otot bukan ketika latihan justru ketika tubuh melakukan istirahat.
  1. Pilih partner latihan
Untuk menambah semangat Anda dalam latihan Anda juga perlu memilih partner latihan. Partner ini akan membantu Anda dalam latihan. Teman latihan akan membantu Anda dalam kegiatan berlatih, terlebih jika teman Anda juga mempunyai keinginan yang sama pasti akan saling membantu. Teman juga bisa diajak sharing mengenai latihan yang sudah dilakukan dan rencana latihan yang akan dilakukan.
  1. Lakukan peregangan
Dalam latihan pembentukan tubuh untuk pemula, peregangan sangat perlu untuk dilakukan. Peregangan ini akan membuat otot kembali rileks setelah dilakukan latihan yang berat. Untuk mengurangi cidera otot juga bisa dilakukan dengan peregangan.
  1. Lakukan kompromi dengan badan
Kompromi dengan badan bisa dilakukan dengan mengenali keadaan tubuh Anda. Ketika tubuh sudah mulai capek, jangan paksakan untuk meneruskan latihan. Lebih baik hentikan dan lakukan peregangan. Biarkan tubuh beristirahat, tenaga yang diforsir hanya akan mencederai otot tubuh.
  1. Atur pernafasan yang benar
Tidak hanya dalam olah raga biasa saja, ketika melakukan latihan pembentukan tubuh untuk pemula juga harus bisa mengatur nafas dengan benar. Untuk para pemula minta ajari instruktur bagaimana cara mengatur nafas yang benar ketika latihan. Pengaturan nafas yang tepat bisa menunjang latihan pembentukan otot tubuh dan mengurangi resiko cidera otot.
  1. Pilih idola untuk penyemangat
Agar menambah semangat dalam latihan, Anda perlu memilih idola. Idola ini bisa memacu semangat Anda dalam berlatih. Idola ini bisa binaragawan ataupun artis lainnya yang mempunyai tubuh bagus. Atau mungkin Anda bisa mengidolakan orang terdekat Anda untuk memacu semangat dalam berlatih pembentukan tubuh.


Latihan pembentukan tubuh untuk pemula

Setelah mengetahui beberapa tips pembentukan tubuh untuk pemula, para pemula juga perlu mengetahui olahraga apa saja yang tepat agar pembentukan tubuh bisa maksimal. Tidak semua olahraga cocok untuk pembentukan tubuh, ada beberapa latihan pembentukan tubuh yang sangat disarankan, diantaranya yaitu:
  1. Car Drive
Latihan ini sangat bagus untuk pembentukan otot-otot pada lengan. Untuk latihan ini tahapannya yaitu berdiri tegak kemudian genggamlah plate dengan kedua belah pihak. Genggam erat plate tersebut kemudian putra plate ke arah kiri kemudian ke arah kanan seperti sedang menyetir mobil. Untuk pemula ulangi 10 sampai 15 repetisi pada masing-masing sisi. Target dari latihan ini adalah otot pada bahu.
  1. Incline Push Up
Latihan pembentukan tubuh untuk pemula untuk pembentukan otot dada. Latihan ini cukup simpel, ambil posisi seperti push up tapi posisi tangan berada di sebuah bangku kecil. Kemudian turunkan tubuh kebawah dan tahan selama beberapa saat. Kemudian dorong keatas kembali. Lakukan pengulangan 10 sampai 15 repetisi. Latihan ini akan membentuk dada menjadi lebih bidang dan atletis.
  1. Seated Dumbell palms-Up Wrist Curl
Olahraga pembentukan tubuh untuk pemula yang selanjutnya yaitu seated dumbell palms up wrist curl. Untuk pemula pasti masih bingung latihan seperti apa ini. Latihan ini cocok untuk pemula yang ingin membentuk otot bagian lengan. Olahraga pembentukan tubuh untuk pemula ini caranya duduk rileks dibangku kemudian genggam dumbel dengan menggunakan telapak tangan yang menghadap keatas. Tumpukkan dorearm pada ph kemudian angkat keatas dengan menggunakan pergelangan tangan tapi jangan sampai forearm ikut terangkat. Posisikan pada posisi semula, lakukan latihan ini 10 sampai 15 pengulangan setiap latihan.
  1. Standing One Arm Dumbell Curl
Latihan pembentukan tubuh untuk pemula ini masih menggunakan dumbel dan dapat membuka otot lengan bisep. Caranya berdiri tegak dengan tangan kanan memegang dumbell kemudian sandarkan tangan pada incline bench dan tangan kiri tetap rileks. Angkat dumbell mengarah pada wajah kemudian tahan beberapa detik lalu turunkan. Lakukan latihan ini 15 repetisi setiap latihan.
  1. Tricep Dumbbell Kickback
Latihan pembentukan tubuh untuk otot trisep bisa dilakukan dengan latihan ini. Latihan yang masih menggunakan dumbell ini dapat dilakukan untuk pemula dengan repetisi 10 sampai 15. Caranya genggam dumbel dengan tubuh membungkuk dan tangan kiri bertemu pada bench. Lalu dorong tangan yang memegang dumbell ke depan lurus lalu tahan dan kembali ke posisi semula.
  1. Cross Body Crunch
Pembentukan tubuh untuk pemula bisa dengan latihan ini yang bisa membantu membentuk otot perut agar lebih sixpacks. Caranya dengan berbaring dan letakkan telapak tangan pada belakang kepala. Kedua lutut ditekuk lalu angkat tubuh ke lutut kanan kemudian arahkan lutut kanan ke dada, tahan selama 5 detik lalu ke posisi semula, ganti dengan kaki kiri. Lakukan repetisi 10 sampai 15 kali.
  1. Squat Jump
Squat jump merupakan latihan yang paling simpel dan cocok untuk wanita yang ingin mengecilkan betisnya. Posisi awal latihan ini adalah jongkok dengan kaki sejajar dengan lantai kemudian lakukan lompatan setinggi-tingginya lalu mendarat dan lakukan lompatan lagi. Agar cepat dalam pembentukannya lakukan 15 repetisi.