Cara Mengatasi Google Play Store Yang Tak Bisa Dibuka

Playstore atau Google Play adalah aplikasi kusus untuk android dari google yang banyak menyediakan aplikasi seperti pemutar musik, video, anti virus bahkan game dan masih banyak apikasi yang disediakan. Namun terkadang play store mengalami masalah seperti tidak bisa di akses atau dibuka. Terkadang handphone yang baru saja di root  bisa saja mengalami hal ini. Padahal ponsel anda sudah terhubung ke internet, tetapi tetap saja tidak bisa mengaksesnya.


berikut cara mengtasi Google Play Store yang tak bisa di buka:

  1.Cek Tanggal Dan Waktu Pada Handphone.


Cobalah periksa tanggal pada hp android anda dan sesuiakan dengan tanggal dan waktu sekarang. karna biasanya ketidak akuran waktu dan tanggal membuat beberapa aplikasi seperti playstore dan lainya tidak bisa di akses.Cara mengatur waktu dan tanggal di hp android, pertama buka perngaturan/setting dan lalu pilih pengaturan tanggal dan waktu dan sesuai kan waktu sekarang, coba akses playstore apakah sudah bisa di buka?

2.Ganti Akun Google di Google Play Store


Jika cara pertama tidak berhasil coba ganti akun google anda, ketika anda membeli smarphone anda akan diwajibkan untuk membuat akun google. Karna akun google sangat diperukan untuk menjalakan beberapa aplikasi di smartphone anda. Termasuk juga untu menjalakan play store. namun jika aplikasi play store tidak bisa diakses, mungkin terjadi beberapa kesalahan ketikaanada membuat akun google. Coba ganti akun google anda dengan membuat akun baru dan buka playstore  dan semoga berhasil.

3.Menghapus CHACE Google Play Store


Namun jika cara diatas tidak berhasil coba hapus change pada play store. jika  tidak pernah menghapus Chache pada smartphone anda akan membuat handphone menjadi berat dan  lemot. cobalah  untuk menghapus chache pada play store
             beberapa cara untu menghapus cache di playstore:
  1. Silahkan masuk ke pengaturan/setting pada amrtphone
  2. lalu pilih aplikasi
  3.  Jika sudah pilih  Manage Applicatoins/pengturan aplikasi
  4. Cari Aplikasi Play Store pilih CLER DATA SΑМΑ CLEAR CHACE

coba buka playstore apa sudah bisa dibuka. jika sudah di buka sebaiknya anda meinstal aplikasi pembersih chace yang banyak tersedia di playstore agar hp handphone anda tidak lemot.

4.Update Goole Play Store Ke Versi Terbaru

Update /Memperbaharui playstore dapat membuat bugs atau kerusakan tertentu bisa hilang. Semua file Google Play Store akan diperbaiki setelah anda berhasil melakukan update. Jika-pun nantinya tetap tidak berhasil maka anda bisa mencoba dengan cara berikutnya

5.Install Ulang Google Play Store

Jika sbelum berhasil  berhasil coba hapus aplikasi Google Play Store pada android anda. kemudian install ulang Google Play Store anda Anda bisa mendownload nya di google dengan format apk untuk menginstalnya.

6.Factory Reset

Langkah terakhir adalah dengan jurus pamungkas yaitu dengan melakukan factory reset, caranya masuk pada menu pengaturan lalu pilh telephone dan pilih reset factory, jika ada file yang tersimpan pada memory internel sebaiknya anda back up terlebih dahulu karena proses ini akan menghapus semua file dalam memory telephone.



Jika anda tidak bisa mendownload aplikasi di google play store silahkan cek ketersedian memori handphone anda apakah masih ada ruang kosong untuk aplikasi yang akan anda download. Semoga cara diatas dapat memecahkan masalah anda.