7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


Manfaat Bawang Putih- Bawang putih atau yang biasa disebut garlic dalam baha inggris nya adalah nama tanaman dari genus Allium merupakan nama dari umbi yang dihasilkan. Biasanya bawang putih sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur. namun tahukan anda, bahwa bawang putih mempunyai manfaat selain sebagai penyedeap masakan  bisa juga digunakan untuk kesehatan.


Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir sehingga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa negara telah mengenal bawang putih sebagai bahan untuk mengobati beberapa penyakit sejak -+500 tahun yang lalu seperti negara china dan mesir

 

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang putih mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. sebab bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol danmencegah penyakit jantung. Bawang putih membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang yang meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mencagah penyakit jantung , makan 1 atau 2  siung bawang putih setiap hari di pagi hari.
Anda juga dapat mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebuah dosis harian 900 mg dari bubuk bawang putih standar telah ditemukan untuk menjadi efektif.

2.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, terutama tekanan darah sistolik. Bawang putih bertindak sebagai vasodilator yang membantu untuk memperlebar pembuluh darah, membuat aliran darah lebih lancar.Orang dengan tekanan darah tinggi harus makan beberapa siung bawang putih mentah setiap hari pada waktu perut kosong. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Bawang putih merupakan sumber mengejutkan baik dari vitamin C, B6 dan mineral selenium dan mangan - yang semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga meningkatkan penyerapan mineral.

Bawang putih memiliki sifat antioksi dan dan antimikroba yang memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dan melawan infeksi sehingga bisa terhindar dari beberapa penyakit.

4.Mengobati batuk dan flu


Bawang putih menawarkan manfaat antibiotik dan antivirus yang membuat sifat antibakteri yang membuat bawang putih bisa digunkan untuk mengobati batuk dan flu. Hal ini juga dapat mengurangi keparahan infeksi saluran pernapasan .

Bawang putih juga sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis. Hal ini juga mempromosikan dahak batuk, sehingga tak tergantikan bagi mereka dengan bronkitis kronis.

Selain makan bawang putih anda juga bisa mengkomsumsi suplemen bawang putih  secara teratur untuk mengurangi frekuensi infeksi saluran pernapasan .

5.bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit

  1. Menyamarkan noda bekas luka. Bekas luka sangat menyebalkan karna memang susah untuk dihilangkan dan bisa membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. karna bawang putih mempunyai sifat anti radang yang bisamembersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  2. Obat jerawat. sudah banyak penelitian yang menyatakan bawang putih bisa nghingkan jerawat pada wajah.Cara cukup mudah ambil satu siung bawang putih lalu haluskan dan balurkan pada kulit terdapat jerawat lalu diamkan 15 menit dan cuci hingga bersih, sebaiknya dilakukan pada saat sebelum tidur dan di gunakan secara teratur setiap harinya agar dapat  hasil yang maksimal
  3. Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.

6.Mencegah dan Mengobati Kangker

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki sejumlah kandungan senyawa yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker. Terutama pada kanker yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia seperti kanker paru-paru, payudara, liver, prostat, perut, kolorektal dan kulit.

Bawang putih memiliki kandungan zat aktif  yaitu diantaranya vitamin A, B, C, zat besi, potassium, kalsium, selenium, minyak atsiri, flavonoidan palitenol, saponinin dan senyawa organik yang memiliki atom sulfur.  Kandungan utama yang dianggap paling dominan pada bawang putih dalam memerangi kanker yaitu allyl. Zat tersebut dapat mencegah pembentukan nitrosamin juga menghambat karsinogen di dalam tubuh. Allyl juga diketahui berkhasiat sebagai antiinflamasi, anti mikroba, anti jamur, anti kolesterol, anti diabetes, anti hipertensi, serta anti tumor.

 7.Bisa Menurunkan Berat Badan

Berbagai penelitian bawang putih memiliki  zat anti inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .
Masih banyak manfaat mengkomsumsi bawang putih setiap hari seperti mengobati diabetes, penyakit kulit, menjaga hati, dan lain lain

Untuk lebih jelas nya silahkan anda konsultasi pada dokter masing-masing dan semoga bermanfaat