Resep Rendang Padang Hitam Spesial Cita Rasa Nusantara


Resep Rendang Padang Hitam - Cita rasa kuliner nusantara memang tidak pernah ada habisnya untuk dinikmati. Rasa yang mak nyuss akan memanjakan lidah penikmatnya. Aneka bumbu rempah yang berlimpah memberi cita rasa yang khas pada setiap masakan nusantara ini. Cara pembuatannya pun juga beragam, mulai dari dikukus, digoreng, di tongseng, disangrai, dibakar dan berbagai perpaduan lainnya. Baik bumbu rempah yang digunakan dan juga cara pembuatannya akan memberi kekhasan tersendiri yang mewakili daerahnya. 

Jika Anda sedang melakukan wisata/tour ke daerah-daerah di Indonesia, kurang lengkap rasanya bila tidak mencoba masakan yang menjadi khas daerah tersebut. Begitu juga jikalau Anda sedang berlibur di Sumatera Barat atau kota Padang. Salah satu kuliner yang menjadi primadona sekaligus maskot kota Padang adalah rendang padang meskipun disana dapat ditemui berbagai masakan rendang.


Masakan dengan bahan utama daging sapi dan santan kelapa ini banyak menjadi buruan orang karena masakan rendang dapat dinikmati untuk segala usia. Apalagi menikmati rendang padang asli yang masih fresh disaat berlibur dibawah guyuran hujan yang dingin akan menambah selera makan.
Selain rasanya yang enak, lezat dan mantab rendang padang juga tahan disimpan untuk beberapa hari mendatang. Masakan ini cocok bagi Anda yang jarang memasak setiap harinya. Ketahanan rendang akan tergantung dari kualitas daging sapi dan santan yang digunakan. Rendang juga akan lebih memiliki daya tahan yang lama bahkan sampai bulanan jika dimasak sampai kering, biasanya orang menyebutnya rendang padang hitam karena dimasak sampai warnanya berubah kecoklatan alias kering.

Meski sudah dimasak sampai kering, tidak akan mengurangi cita rasa yang khas dari rendang padang tersebut. Malah bumbu pada rendang padang hitam akan meresap sampai ke dalam daging dan juga tekstur daging semakin empuk saat dinikmati. Selain menjadi menu santapan saat berkunjung ke kota Padang, rendang juga biasa digunakan untuk oleh-oleh sanak saudara.

Menikmati Rendang Padang Tanpa Harus Ke Kota Padang

Bagi Anda pecinta daging sapi khususnya, menu rendang padang dapat menjadi salah satu menu pilihan disamping banyaknya variasi masakan daging sapi. Menikmati lezatnya rendang padang hitam tidak melulu harus berkunjung ke kota Padang. Bagi Anda yang tidak suka bepergian, selain jauh untuk pergi ke Padang juga akan membuat Anda kecapekan dalam perjalanan. Untuk itu dimanapun Anda berada, Anda dapat menikmati masakan rendang dengan memasak sendiri di rumah.

Anda dapat memasak rendang dengan melihat resep rendang padang hitam dalam buku-buku resep masakan yang banyak dipasaran. Dengan begitu Anda dapat memasak sendiri rendang padang sebagai menu santapan keluarga. Tentu menu masakan di rumah semakin beragam dan tidak terpaku pada masakan daging yang itu-itu saja. Cita rasa yang diinginkan pun dapat disesuaikan dengan selera keluarga.

Memasak rendang padang hitam tentunya agak sedikit rumit selain bumbu yang beragam, ketepatan dalam mengolah daging sapi sebagai bahan utama harus pas agar mendapatkan tekstur yang empuk dan tidak alot pada daging. Sehingga bumbu pada rendang padang akan mudah meresap ke dalam daging. Memang memasak daging tidak semudah memanaskan air. Anda dituntut harus jeli dan memperhatikan waktu pemasakan agar daging memperoleh tekstur yang pas.

Berikut akan diulas mengenai cara memasak rendang padang hitam. Bahan dan bumbu yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

Bahan-bahan:
  1. Daging sapi yang segar 500 gram
  1. Bawang merah 10 siung atau butir
  1. Buah kelapa 4 butir yang diparut dan jadikan santan kental
  1. Bawang putih 5 butir
  1. Jahe kurang lebih 1 ruas jari.
  1. Cabai merah yang dihaluskan sesuai selera tingkat kepedasan
  1. Merica bubuk setengah sendok teh
  1. Air
  1. Lengkuas secukupnya
  1. Bunga pekak sebanyak 2 lembar (tidak diharuskan)
  1. Daun kunyit 1 lembar
  1. Daun salam 2 lembar
  1. Daun jeruk 3 lembar
Pastikan semua bahan yang disediakan dalam keadaan sudah dibersihkan untuk menjaga kualitas dan rasa masakan yang dihasilkan. Setelah itu siapkan juga peralatan yang akan digunakan untuk memasak rendang padang. Setelah semua siap, langkah berikutnya yaitu cara memasak rendang padang hitam. Adapun cara memasak rendang padang dengan cita rasa sesuai selera adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, bawang merah, bawang putih, jahe, merica bubuk dan cabai merah dicampur menjadi satu dan dihaluskan. Dalam penghalusan dapat menggunakan blender agar hasilnya lebih halus dan Anda tidak perlu capek menguleg manual.
  1. Kedua, siapkan air panas untuk merebus 500 gram daging sapi sekaligus bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya sampai air asat dan daging terasa empuk.
  1. Ketiga, kemudian sedikit demi sedikit santan dimasukkan bersama daging sambil di aduk. Perhatikan, pengadukan harus terus dilakukan agar santan tidak pecah.
  1. Keempat, lengkuas, bunga pekak, daun salam, daun kunyit daun jeruk dan sereh dimasukkan dalam bersama bahan yang lain. Jangan lupa untuk tetap diaduk sampai santan mendidih.
  1. Kelima, kecilkan api pada kompor untuk mengurangi panas api. Tunggu sampai minyak dalam daging keluar sambil terus diaduk.
  1. Keenam, lakukan pengadukan sampai rendang padang mengering dan warna berubah coklat kehitaman. Pastikan daging sudah bertekstur empuk.
Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai ditempuh. Selanjutnya siapkan wadah untuk menaruh rendang padang yang sudah matang. Wadah yang digunakan dapat bervariasi sesuai selera agar tampilan rendang padang hitam semakin menarik untuk dinikmati. Warna-warni sayuran untuk menghias tampilan rendang juga dapat Anda sematkan diatasnya, seperti cabe yang diiris kecil-kecil, irisan tomat dan hiasan lainnya.

Dalam memasak rendang seperti yang sudah dipaparkan diatas, agar rendang padang dapat bertahan lama dan rasa bumbu meresap sampai ke dalam pastikan rendang dimasak sampai benar-benar kering. Karena apabila rendang padang hitam yang telah dimasak tadi belum kering sempurna, akan mempengaruhi daya tahan rendang tersebut. Dalam proses pengeringan ini harus diawasi jangan sampai gosong.

Setelah semua sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya rendang padang hitam siap untuk dihidangkan. Baik untuk menu makan siang atau makan malam di rumah. Masakan rendang padang yang enak, mantab dan lezat dengan cita rasa sesuai selera siap untuk disantap. Selain sebagai rotasi menu masakan di rumah, rendang juga dapat sebagai cara lain menikmati daging sapi dengan model masakan yang berbeda.

Selain sebagai santapan keluarga, menu rendang padang hitam juga cocok sebagai masakan dalam hari atau acara penting. Seperti hari raya atau acara pesta kawinan yang membutuhkan porsi makan yang tidak sedikit. Dengan kehadiran rendang padang sebagai salah satu menu sajian tentu akan memberi khasanah masakan di meja hidangan untuk para tamu yang hadir. Jadi tidak perlu pusing memikirkan menu yang akan dihidangkan cukup membuka kembali resep-resep masakan rendang yang Anda punya di rumah.

Coba juga resep: