Resep Sambal Cabe Hijau Pedas Khas Padang


Sambal lado hijau  merupakan kuliner yang berasal dari daerah minang atau padang. Jika kita sering makan di rumah makan padang tentu anda tidak asing dengan sambal lado hijau yang banyak di sajikan di rumah makan padang sendiri. Bagi pecinta kuliner yang pedas silahkan coba sambal masakan dari minang ini pasti akan menggugah selera anda. Biasanya kuline yang satu ini di sajajikan dengan berbagai lauk pauk seperti dendeng, jengkol, ikan, ayam dan lain-lain. Cara membuatnya pun sangan simple dan bahan-bahannya mudah untuk didapat mengapa tidak anda coba bikin sendiri saja?

Untuk membuat sambal cabe hijau hanya membutuhkan waktu yang tergolong sebentar, mengapa tidak anda coba bikin sendiri. Bahan bahan nyapun mudah anda dapatkan di pasar seperti cabe hijau atau cabe yang masih muda yang akan menjadi bahan utama lalu ada bawang merah, bawang putih, tomat dan lain lain. Sedangkan untuk proses memasak tidak ribet dan tidak memakan waktu yang lama, jika anda berminat untuk mencobanya, saya akan membagikan resep sambal lado hijau ala rumah makan padang.

Jika anda ingin membuat masakan yang satu ini silahkan siapkan bahan- bahan nya terlebih dahulu:

Resep Sambal Lado Hijau Pedas khas padang

Bahan:
  • 250 gram cabe yang segar 
  • cabe rawit hijau ( jika ingin pedas silahkan kasih yang banyak sesuai selera) 
  • 2 buah tomat hijau yang segar
  • 100 gram ikan teri kering
  • 5 siung bawang merah 
  • 2 siung bawang putih 
  • Air jeruk nipis (setengah sendok teh)
  • Gula pasir secukupnya 
  • Garam secukupnya
  • Bawang goreng
  • Minyak Kelapa/minyak goreng scukup nya

Cara Membuat Sambal Cabe Hijau
  1. Langkah pertama  cuci semua bahan hingga bersih
  2. Selanjutnya  silahkan kukus  semua bahan seperti cabe, tomat, bawang merah,, bawang putih sekitar lima menit lalu angkat dan tiriskan.
  3. Setelah di kukus semua bahan lalu giling kasar atau tumbuk kasar
  4. Panaskan wajan lalu tambahkan  minyak goreng secukup nya, masukan ikan teri masak hingga matang lalu angkat da tiriskan (minyak nya jangan di buang)
  5. Gunakan minyak goreng teri tadi untuk menumis semua bahan yang sudah di halus/ditumbuk kasar tadi aduk agar tidak gosong
  6. Kemudian  tambahkan garam dan gula aduk hingga merata
  7. Jika sudah harum dan layu angkat dan siap untuk di sajikan
  8. Taburkan teri goreng dan bawang goreng biar lebih jos
 Mudah dan simple kan cara membuat sambal lado hijau pasti bisa anda praktek kan dirumah anda. Untuk memasak nya bisa mekukus bahannya atau lansung giling/tumbuk kasar tampa mekukus terlebih dahulu sebelum menumis nya.Setiap orang memiliki resep dan cara memasak nya  pasti berbeda, jadi janggan heran jika anda menemukan orang membuatnya tampa mengkukus bahan nya terlebih dahulu.

Untuk membuat  olahan  lain nya seperti dendeng silahkan klik>> resep dendeng samba lado hijau. Jika anda bingung atau tidak mengerti silahkan bertanya pada kolom kementar dibawah ini dan kami akan membantu anda. Bila sudah berhasil membuat nya jangan sungkan untuk membagikan postingan ini agar  teman anda juga bias membuanya.  Silahkan share difacebook