Resep Membuat Sambal Terasi Asli Nusantara


Resep membuat sambal terasi-Masyarakat Indonesia sudah pasti banyak yang menyukai makan nasi ditemani dengan sambal jika tidak ada  sambal ibarat sayuran tampa garam alias hambar. Sambal sendiri di Indonesia cukup pupuler atau sudah banyak penggemar nya,  begitu juga dengan sambal yang sudah banyak kreasi nya seperti sambal tomat, sambal cabe hijau, sambal terasi dan lain lain. Mungkin yang paling umum dan banyak penggemar nya adalah sambal terasi yang memiiki rasa kas sendiri.

Sambal merupakan kuliner yang terbuat dari cabe tomat, bawang  bahkan ada juga yang menambahkan terasi. Samba terasi sekarang sudah banyak yang tersedia dalm bentuk instan dan bisa lansung dinikmati tampa perlu membuat nya, seperti sambal terasi abc dan olahan sambal terasi rumahan yang tersedia dalam botol maupun dalam bentuk kaleng.  Memang  masakan instan sangat memudah kita, namun dalan segi  rasa belum tentu sesuai dengan selera kita, missal nya tingkat  kepedas sambal itu sendiri.

Jika anda tidak puas dengan sambal intsan dalam tingkat kepedasan nya mengapa tidak bikin sendiri saja. Susah buat nya? Tidak, membuat sambal terasi sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat bahanyapun mudah untuk didapatkan. Saya akan membagikan resep membuat sambal terasi yang sesuai dengan selera anda.

Cara Membuat Sambal Terasi:

Siapkan bahan:

  • 10 buah cabe kriting
  • 5 buah rawit merah ( untuk yang suka pedas silahkan tambah sesuai selera)
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Terasi 2 sendok teh ( bisa gunakan terasi abc)
  • Gula merah secukp nya
  • garam secukup nya
  • bawang goreng
  • Minyak goreng untuk menumis

Coba juga resep: dendeng sambal lado hijau

cara membua sambal terasi:

  1. Cuci semua bahan hingga bersih.
  2. Potong bawang merah dan bawang putih dengan ukuran besar, untuk tomat silahkan belah empat saja.
  3. Kemudian panaskan wajan dan minyak lalu masukan bawang merah, bawang putih cabe kriting, tomat dan cabe rawit tumis hingga layu, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Selanjut nya terasi di bakar atau di goreng hingga matang
  5. Haluskan semua bahan yang sudah di hauskan tadi bersama dengan terasi yang sudah matang.
  6. Tambah kan garam dan gula lalu ulek hingga merata. (Untuk anda yang suka pedas cukup sampai disni).
  7. Tumis semua bahan yang sudah dihaluskan lagi hingga harum, angkat dan taburkan bawang goreng.

Catatan
Jika anda menggunakan blender untuk menghaluskanya jangan di tambah air ya, gunakan saja minyak untuk menghaluskan semua bahan bahannya dan gunakan lah bahan yang masih segar agar lebih nikmat.

Jadi buat yang pecinta sambal terasi  anda tidak perlu lagi membelinya karna mungkin anda sudah bias membuat nya. Jika kita sendiri yang membuat nya tentu akan lebih sehat, karna bahan kita sendiri yang memilihnya. Kalau anda bosan dengan sambal terasi coba juga >>resepsambal lado hijau << di jamin anda akan puas. Jika masih bingung atau belum menngerti silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah kamisediakan dibawah ini. Jangan lupa untuk memberikan resep ini kepada teman anda yang belum bisa membuat nya dengan cara share di facebook anda. Tunggu resep lainya hanya di www.duadollar.com.