Resep Cara Membuat Telur Dadar Padang

Telur dadar ala rumah makan padang

Resep Telur Dadar Padang-Telur sering kali di jadikan sebagai pengganti lauk seperti daging sapi, daging ayam maupun ikan karna mudah didapatkan dan harga nya pun sangat murah. Unuk membeli telur kita tidak usah ke pasar karna di warungpun banyak yang menjual nya.  Banyak olahan yang terbuak dari telur selain telur cepok atau telur mata sapi missal nya kue /roti bahan nya banyak menggunakan telur. Bahkan ada juga yang di jadikan minuman seperti minuman traditional asal minamg yaitu teh telur yang terbuat dari kuning telur lalu dicampur dengan teh  panas dan di beri gula dan susu.

Salah satu cara memasak telur adalah dengan cara di dadar yang mudah dan bisa dilakukan dirumah. Bosan dengan dadar yang biasa? Cobain ni resep telur dadar rumah makan padang yang tebal dan nikmat.Sebelum membuat telur dadar rumah makan padang sebaiknya kita mengetahui kandungan gizi pada telur dan apa manfaatnya untuk tubuh. Tidak di ragukan lagi telur mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat telur:

  1. Sumber Protein
    Selain daging ayam dan daging sapi telur merupakan salah satu sumber protein hewani. Protein sendiri sangat di diperlukan oleh  tubuh manusia untuk pertumbuhan.
  2. Sumber Vitamin A
    Salah satu kandungan yang terdapat pada telur adalah vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.
  3. Membantu program diet
    Banyak orang mengatakan bahwa telur mengandung lemak yang bisa mengakibat kan kegemukan, tapi itu hanya lah mitos. Justru sebalik nya telur dapat di jadikan salah satu makanan untuk program diet anda sebab  telur banyak mengandung protein yang akan membuat perut anda cepat  terasa kenyang
  4. Pembentukan otot
    Tidak di ragukan lagi banyak binaragawan yang mengkonsumsi telur untuk pembentukan otot, contohnya saja Ade Rai. Kandungan protein pada telur dapat membantu perkembangan otot.
  5. Dapat mempersehat kulit
    Zat asam amino yang terdapat di telur bisa di gunakan untuk mengatasi apabila terjadinya iritasi kulit yang di sebabkan oleh  alergi maupun debu.
Itulah beberapa manfaat telur bagi tubuh kita dan sebenar nya masih banyak lagi manfaat telur. Namun kali ini kita akan membahas bagaiman cara membuat telur dadar kas padang. Telur dadar ala rumah makan padang ini cukup tebal dan sangat nikmat di santap  dengan nasi putih. Jika kita makan di rumah padang telur dadar nya sangat besar dan tebal, hal ini karna dalam proses pembuatan nya di beri tepung terigu (mungkin untuk hemat biaya).  Berbeda kalau kita yang bikin sendiri, sebab bisa mengatur takaran bahan- bahannya

Namun kali ini duadollar.com akan membagikan resep telur dadar khas padang. Sajian yang satu ini memang terbilang unik dan nikmat berbeda dengan telur dadar rumahan. Membuatnyapun terbilang tidak sulit dan cukup mudah untuk anda coba di rumah, sebab proses pembuatanya tidak berbeda dengan membuat telur dadar biasa, namun kali ini kita hanya perlu menambahkan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, seledri, daun bawang dan lain- lain.

Resep Telur Dadar Rumah Makan Padang:

Untuk memuat nya silahkan siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu, pilihlah bahan yang berkualita atau yang masih segar agar mendapatkan rasa yang nikmat.

Bahan telur dadar:

  • 6 telur ayam atau telur bebek (telur bebek hasil nya akan lebih padat)
  • 1 sdm kecap asin atau secukupnya
  • 1 buah tomat ( kupas kilitnya lalu buang isinya dan potong dadu)
  • Garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • Minyak  goreng

Bumbu  Yang Dihaluskan:

  • 8 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 10  cabe merah ( jika ingin pedas silahkan tambahkan sesuai selera )

Bumbu  yang di iris atau dicincang:

  • 6 buah  bawang merah ( iris atau di cincang )
  • 2 bawang putih cincang ( iris atau di cincang )
  • 8 buah cabe hijau lalu potong kecil (kalau ingin pedas bisa diganti dengan cabe rawit )
  • 1 bawang Bombay ( iris atau di cincang )
  • 3 batang daun bawangi lalu iris
  • 3 - 4 batang daun seledri kemudian iris

 

 

 Cara membuat telur dadar khas padang:

  1. Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis semua bahan yang telah di haluskan seperti : bawang merah bawng putih dan cabe yang sudah di haluskan. Tumis sebentar saja hingga harum.
  2. Kamudian masukan semua bahan tumis sebentar saja lalu angkat dan dinginkan.
  3. Pecahkan semua telur dalam mangkok  kocok atau aduk sambil menambahkan tepung, kemudian masukan semua bahan yang sudah di tumis lalu aduk hingga rata, tambahkan garam dan merica secukupnya.
  4. Gunakan wajan anti lengket yang berukuran besar, panaskan minyak secukupnya lalu masukan semua bahan yang sudah diaduk tadi.
  5. Masak hingga matang dan jangan lupa di bolak balik agar tidak gosong. untuk membalik nya jangan terburu buru, biarkan adonan hinggga memadat baru di balik.
  6. Potong sesuai selera dan siap untuk di sajikan.


 Anda bisa menambahkan udang atau rebon dan tahu biar lebih nikmat, agar lebih sehat bisa juga di tambahkan wortel atau sayuran yang anda suka. Ada juga yang menambahkan parutan kelapa tergantung sesuai selera masing masing jangan takut untuk berkreasi.Jika anda tidak suka telur dadar yang tebal gunakanlah wajan yang besar atau masak adonan sedikit demi sedikit. Gunakan api sedang untuk memasak agar matang hingga kedalam. Masakan yang satu ini sangat nikmat di santap dengan resep sambal terasi dan resep tumis kangkung

Nah simple kan resep telur dadar rumah makan padang ini, jika ada yang masih bingung atau belum paham silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah ini. Untuk membantu  kami agar selalu bisa memberikan informasi yang anda butuhkan silahkan dukung kami dengan cara membagikan postingan ini kepada teman-teman anda di fb, twiter dan G plus.



.