Pengertian Dari Status Pelacakan Kiriman Pos





Pada saat zaman yang modern jual beli online merupakan transaksi yang sudah banyak di lakukan di Indonesia, jadi untuk memudahkan transaksi  jual beli online banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengirman barang  seperti JNE, POS Indonesia, TiKi dan lain lain. Diantara banyak nya perusahaan pengiriman barang yang paling umum mungkin adalah PT. Pos Indonesia.

 POS adalah sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pengiriman. pos sudah terbukti dan terpercaya sebagai salah satu perusaahan jasa pengiriman. Jika dulu kita mengirim melalui pos mungkin biasa nya kita akan menanti balasan dari si penerima. Namun seiring berjalan nya waktu dan perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk memantau dan mengetahui lokasi barang yang akan kita kirim.

Namun yang jadi permasalahan saat kita melakukan pengecekan status pengiriman pos mungkin ada beberapa di antara kalian akan bingung  saja satus posting Loke, Puri Kirim, Berangkat ke Kantor Penerusan, Berangkat Ke Kantor Pos Tujuan dan lain-lain. Bagi anda yang tidak mengerti saya akan menjelaskan satus pengiriman pos sebagai berikut:


Pengertian Dari Status Kiriman Pos:


  1. Posting Loket :Barang atau kiriman sudah sampai di loket dan siap untuk di kirim ke kantor pos tujuan. jika kiriman kita menuju kantor pos cabang maka akan di kirim ke kantor pusat terlebih dahulu.
  2. Puri Kirim :Barang atau kiriman sudah diberangkatkan dari kantor dan sedang dalam proses pengiriman ( anda bisa melihat lokasi nya)
  3. Berangkat ke Kantor Penerusan :Barang atau kiriman telah sampai di Kantor Pos Pusatnya.
  4. Berangkat Ke Kantor Pos Tujuan : Barang atau kiriman dalam proses pengiriman dari kantor pusat ke kantor pos cabang/ kantor pos tujuan
  5. Puri Terima :Barang atau kiriman sudah tiba dan diterima di kantor pos tujuan dan siap untuk dikirim ke tujuan ( jika sudah tiba di kantor pos anda sudah bisa menjemputnya lansung ke kantor pos )
  6. Antaran : Barang atau kiriman dalam proses pengantar oleh petugas ke alamat tujuan
  7. Selesai Antar : Barang atau kiriman sudah tiba di tujan,dan sudah di terima atau gagal (gagal karna alasan tertentu seperti rumah kosong, orangnya meninggal dan lain-lain)
  8. Manifest Terima :Barang atau kiriman sudah di terima pada suatu bagian dari Kantor Pos yang bertugas menyalurkan Kiriman Pos, dan untuk di lanjukan ke Proses selanjutnya seperti Antaran, Manifest Serah atau lainnya.
  9. Manifest Serah : Barang atau kiriman sudah di serahkan pada bagian lainnya untuk di proses, ataudapat di artikan kiriman di maksud sedang di proses berangkatkan ke Kantor Pos Kota tujuan.


Di atas adala beberapa pengertian dari status pengiriman pada pos indonesia. namun jika barang sudah sampai di alamat tujuan, maka akan ada yang menerimanya. nelum tentu kita sendiri yang menerimanya bisa saja keluarga, pembantu, satpam dan lain-lain. berikut status kiriman yang sudah berhasil.

Keterangan Status kiriman yang sudah Berhasil diantar sebagai berikut:


  • Diri sendiri : barang atau kiriman sudah diterima oleh sipemilik nama dan alamat tersebut.
  • Sekretaris/ recepcionist : barang atau kiriman telah diterima oleh sekretaris atau oleh resepsionis di alamat penerima.
  • Rekan kerja/pegawai : barang atau kiriman telah diterima oleh rekan kerja Penerima tau Pegawai teman kerja.
  • Satpam : artinya kiriman diterima oleh satpam pada alamat tersebut.
  • Mail room : Artinya kiriman telah diterima oleh petugas mailroom alamat tersebut.
  • Orang serumah : artinya kiriman telah diterima oleh orang yang serumah dengan rumah penerima pada alamat tersebut.
  • Pembantu : artinya kiriman telah diterima oleh pembantu rumah penerima.
  • Pemilik Kos/Asrama :artinya kiriman telah diterima oleh Pemilik Kos/ Asarama tempat alamat penerima.
  • Suami/istri : artinya kiriman telah diterima oleh istri atau suami penerima kiriman.
  • Yang diberi kuasa :artinya kiriman telah diterima oleh orang yang dikuasakan untuk menerima kiriman tersebut.
  • Petugas PO Box : artinya kiriman telah diterima oleh Petugas PO Box alamat yang ditujukan.



Barang kiriman bisa saja gagal karna alasan tertentu seperti alamat salah sipenerima meninggal dunia dan lain lain. Namun jika gagal mungkin akan ada keterang nya saat kita melakukan cek resi.

Keterangan untuk Status kiriman Yang Gagal:


  • Alamat tidak Jelas : artinya alamat yang tertera pada kiriman tidak jelas atau tidak lengkap sehingga tidak memungkinkan untuk menemukan alamat tersebut
  • Penerima Tidak dikenal : artinya kiriman sudah di antar di alamat yang tertera, namun orang yang memiliki alamat tersebut tidak mengenal nama dalam kiriman tersebut
  • Pindah alamat : artinya kiriman sudah di antarkan ke alamat, namun di dapatkan keterangan kalau sipenerima sudah pindah alamat
  • Meninggal dunia : artinya keterangan yang didapatkan pada alamat atau disekitar alamat kalau si penerima sudah meninggalkan kita semua.
  • Rumah Kosong : artinya kiriman sudah diantar, namun rumah Kosong/tutup dan tidak ada orang yang akan diserahkan kiriman tersebut
  • Ditolak :artinya kiriman sudah di antar ke alamat namun ditolak oleh Penerima, salah satu alasan, nama pengirim tidak dikenal.
  • kiriman dengan nomor tersebut tidak ada : artinya ada kesalahan dalam mengentri nomor resi kiriman, coba dicek kembali nomor kiriman tersebut.


Itu lah arti dari istilah istilah yang ada pada status pengiriman pos, somoga sekara ng anda sudah tidak bingung lagi dan mengerti. jangan lupa untuk membagikan kiriman ini kepada teman teman anda yang belum tahu.